SMK Penerbangan Cakra Nusantara Siapkan Mpls Online Blended Daring Dan Luring



Bulan Juli 2020 merupakan awal masuk sekolah jenjang menengah, yang mana sebentar lagi peserta didik baru pada satuan pendidikan akan memasuki Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Tahun Ajaran 2020/2021.

Apakah mungkin MPLS bisa dilakukan di waktu pandemi, dan apakah mungkin siswa peserta didik baru akan mengikuti MPLS secara Online lewat sosial media?

SMK Penerbangan Cakra Nusantara telah mempersiapkan MPLS tahun ajaran 2020/2021 yang akan dilaksanakan secara online.  Dilaksanakan selama enam (6) hari sesuai kalender pendidikan yakni dari tanggal 13 - 18 Juli 2020.

I Kadek Febry Saputra, S.Pd., selaku Plt. Wakil Kepala Sekolah Kesiswaan menyatakan, “SMK Penerbangan Cakra Nusantara melaksanakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah di masa pandemi ini secara online (daring). Dimana kegiatan ini akan diisi dengan beberapa tes seperti penjurusan, tindakan preventif Covid-19, gaya belajar, angket belajar daring, Pengenalan manajemen dan guru pengajar”.

Melihat pentingnya pelaksanaan MPLS bagi peserta didik baru, maka sekolah wajib melaksanakan MPLS guna membantu peserta didik baru untuk lebih mengenal keadaan sekolah dan mengenal teman seangkatannya.

Selain pengenalan sekolah, SMK Penerbangan Cakra Nusantara juga melaksanakan teaching factory (tefa) yakni berupa pelatihan tambahan mengenai bahaya narkoba, pertolongan pertama dan hal-hal dasar yang bermanfaat di kehidupan sehari-hari.

“Kami bekerjasama dengan Lembaga Diklat Profesi (LDP) Indonesia Emas yang akan memberikan materi serta sertifikat kepada peserta didik baru SMK Penerbangan Cakra Nusantara”, ujarnya.

SMK Penerbangan Cakra Nusantara siap menjalani pola pembelajaran baru Belajar Dari Rumah (BDR) dengan Pembelajaran Jarak Jauh yang dibagi kedalam dua pendekatan yaitu pembelajaran jarak jauh dalam jaringan (Daring) dan luar jaringan (Luring). Untuk media pembelajaran jarak jauh daring, sekolah menggunakan laman E-learning yang sekolah siapkan tidak hanya saat pandemi namun dari sekolah berdiri.

Kemudian untuk metode pembelajaran jarak jauh secara luring, SMK Penerbangan Cakra Nusantara sedang menyiapkan Pembelajaran melalui Aplikasi Televisi Sekolah yakni Skacatra Tv (SCTA TV) yang nantinya dapat diunduh di Playstore. SCTA TV ini memfasilitasi Taruna/i untuk belajar jarak jauh agar ditengah pandemi seperti ini Taruna/i tetap mendapatkan hak belajarnya.

Ni Luh Gede Dhanayasa, M.Pd., selaku waka kurikulum menyatakan, “kami sangat siap melaksanakan Pola Pendidikan sesuai Surat Edaran Mendikbud yakni dengan pembelajaran Daring dan Luring. Ditengah Pandemi ini kami tidak hilang akal dalam memberikan fasilitas-fasilitas belajar bagi taruna-taruni kami”

Selain fasilitas yang mumpuni, seluruh pengelola Management SMK Penerbangan Cakra Nusantara beserta guru produktif telah tersertifikasi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Tak hanya pengelolanya, seluruh Taruna/i setelah lulus juga telah memperoleh sertifikasi BNSP diantaranya: Sertifikasi Komputer, Bahasa Inggris, serta sertifikasi sesuai dengan kompetensi keahliannya seperti: Ticketing and Reservation, Fluid Power, Kelistrikan, Human Factor and Safety Management System.

Adapun jurusan yang tersedia diantaranya Otomatisasi dan Tatakelola Perkantoran (Bandara), Pemeliharaan dan Perbaikan Motor dan Rangka Pesawat Udara (Airframe Power Plant), Pemeliharaan dan Perbaikan Instrumen Elektronika Pesawat Udara (Electrical Avionics) serta Teknik Transmisi dan Telekomunikasi.

SMK Penerbangan Cakra Nusantara terletak di Jalan Tukad Pakerisan No 25 Denpasar. Jadi tunggu apa lagi? Daftar dari rumah saja di 081237098090 juga dapat diakses via website kami di www.ppdbsmkpenerbangan.com


Hubungi kami untuk bantuan teknis