ENERGI TERBARUKAN
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi terus mengembangkan sekolah kejuruan di Indonesia, diantaranya membangun jurusan teknik energi terbarukan. Jurusan ini nantinya diproyeksikan untuk menghasilkan tenaga terampil di bidang energi terbarukan. Tenaga kerja di bidang ini diyakini akan sangat dibutuhkan di masa depan seiring kian menipisnya cadangan energi fosil di berbagai belahan dunia. SMK dengan jurusan teknik energi terbarukan kita harapkan juga menjadi salah satu pilihan siswa.

Presiden Joko Widodo gencar mengumandangkan green economy atau ekonomi hijau di hampir semua kesempatan. Indonesia bisa memperoleh manfaat yang cukup besar dari pengembangan ekonomi hijau tersebut karena Indonesia merupakan salah satu negara yang mempunyai hutan tropis dan hutan bakau terbesar di dunia. Green Economy dan Blue Economy Jadi Kekuatan Indonesia. Penggunaan energi terbarukan mampu menyerap sumber daya serta investasi yang mana manfaatnya bisa dirasakan hingga di masa mendatang. Disisi lain cadangan Nikel di Indonesia merupakan yang terbesar di dunia yaitu mencapai 21 juta ton senyawa metal di 2019. Indonesia menjadi negara nomor satu dengan cadangan terbesar dunia setelah Australia, Brazil, dan Rusia. Berdasar data yang dirilis oleh Bloomberg NEF, ada 10 juta bus listrik yang beredar di seluruh dunia dan jumlahnya terus meningkat dan pada 2050 energi terbarukan sinar matahari dan angin akan mendominasi pasar energi di dunia.

SMK Penerbangan Cakra Nusantara Bali telah ditunjuk sebagai SMK Pusat Keunggulan oleh Dirjend Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2021 sesuai SK Dirjend Pendidikan Vokasi No 22/D/O/2021. Maka untuk meningkatkan kualitas pendidikan sebagai implementasi SMK Pusat Keunggulan, kami menyelenggarakan pendidikan mengenai Energi Baru Terbarukan (EBT) yakni Kompetensi Keahlian Energi Baru Terbarukan Teknik Energi Surya Hidro Dan Angin dan Energi Baru Terbarukan Biomasa.

Kompetensi Keahlian Energi Baru Terbarukan Teknik Energi Surya Hidro Dan Angin dan Energi Baru Terbarukan Biomasa hadir atas kebutuhan akan energi dari sumber daya alam yang bisa diperbaharui. Energi terbarukan akan menjadi andalan bagi manusia di masa depan. Pemanfaatannya akan mengurangi penggunaan bahan bakar fosil serta memperkecil dampak negatifnya terhadap perubahan iklim. Sumber energi terbarukan adalah sumber energi yang bisa didaur ulang, dan dapat diperbarui serta terdapat dalam jumlah banyak. Saat ini yang telah digunakan adalah energi dari biogas, air, angin, dan sinar matahari.

Sinar matahari yang terik adalah sumber energi yang sangat besar dan mudah dijumpai. Panas tersebut dapat disimpan dalam alat yang bernama panel surya, lalu diubah menjadi jenis energi listrik dan energi lain. Biomassa atau gas bio adalah energi yang berasal dari bahan organik yang dihasilkan hewan dan tumbuhan. Yang sering dipakai adalah sisa-sisa limbah jagung, tebu, kedelai, kelapa sawit, atau ikan laut.

Kompetensi keahlian ini sangat tepat dengan generasi saat ini dan sangat menarik karena keahlian ini tidak termasuk kedalam profesi masa lalu yang akan punah seiring berjalannya dan kemajuan peradaban, dan dalam rangka menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang kompeten salah satunya melalui pendidikan vokasi. Membentuk SDM yang handal dan siap diserap oleh industri juga menjadi upaya agar tidak hanya menjadi penonton di negeri sendiri, mengurangi pengangguran dan remaja putus sekolah.

Penyelenggaraan Kompetensi Keahlian selaras dengan Program Pemerintah yakni perencanaan pembangunan dan pemanfaatan Energi Bersih 2022, serta belum adanya lembaga pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan Energi Baru Terbarukan di Bali sehingga harapan kedepannya dapat menambah peran dan porsi generasi muda dalam mengisi pembangunan menuju Indonesia Emas 2045. Melihat keheterogenan Taruna - taruni SMK Penerbangan Cakra Nusantara yang berasal dari berbagai wilayah Provinsi di seluruh Indonesia, dapat menjadi salah satu solusi tantangan Enerbi Baru Terbarukan Pemerintah yakni persebaran pemerataan populasi SDM harapannya selaras dengan potensi Energi Baru Tebarukan.

MANFAAT MENDAFTAR TP 2021/2022 PADA KOMPETENSI KEAHLIAN ENERGI BARU TERBARUKAN :

  • Mendapatkan Program Pembiayaan Subsidi Khusus di Era Pandemi :
    • Uang Gedung Rp  1.500.000,-
    • Uang Seragam Rp 1.500.000,-
    • SPP Per Bulan Rp 300.000,-
  • Menjadi siswa SMK Pusat Keunggulan yang melaksanakan kurikulum Merdeka Vokasi sehingga lebih memudahkan siswa menjadi juara dan memaksimalkan potensinya
  • Mendapatkan Beasiswa BBC Senilai R 14.500.000 Sehingga ketrampilan dan kamampuan bahasa Inggris menjadi lebih maksimal serta mengikuti Program Fast Track dengan BBC setara D1
  • Menjadi Anggota Asosiasi Remaja dan Pemuda Pelopor Untuk Konservasi Energi Indonesia
  • Berpeluang mengikuti PPL & Edutour ke Luar Negeri
  • Berpeluang mendapatkan pengalaman International karena SMK Penerbangan Cakra Nusantara siswanya juga ada yang berasal dari Singapore dan Timor Leste ( SMK Penerbangan Cakra Nusantara sudah bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan Timor Leste)

PROSPEK KERJA

Prospek kerja lulusan Kompetensi Keahlian Energi Baru Terbarukan terbilang cukup mumpuni dan luas. Seiring berkembangnya zaman dan teknologi, pencarian akan sumber-sumber energi yang lebih ramah lingkungan pun semakin gencar. Seorang lulusan Kompetensi Keahlian Energi Baru Terbarukan dapat bekerja sebagai:

  1. Ahli Rekayasa Energi Baru Terbarukan
  2. Ahli manajemen energi dan Energi Baru Terbarukan
  3. Ahli Sistem Solar Energi
  4. Auditor Energi
  5. Pelaku bisnis Energi Baru Terbarukan, dan
  6. Konsultan Energi Baru Terbarukan.
  7. PLN
  8. Dinas Pertambangan dan Energi
  9. Pembangkit Listrik Tenaga Surya dan Tenaga Mikro Hidro
  10. Perusahaan Negara Ataupun Swasta yang Bergerak dalam Bidang Pembangkit Listrik Tenaga Energi Terbarukan
  11. Konsultan Pembangkit Listrik Tenaga Surya, Mikro Hydro dan Angin



LIST BERITA : 
1. Jika Program 35 Ribu MW Selesai, PLN Hanya akan Bangun Pembangkit Energi Terbarukan
2. Dorong Energi Terbarukan, PLN Bangun PLTS Hybrid di Selayar Sulsel Senilai Rp 39 Miliar
3. Sah! Konsorsium Proyek 'Raksasa' Baterai Listrik RI Dimulai
4. KIT Batang, Lokasi Pabrik Baterai Raksasa Dunia