HTML5 Audio Player


Pengembangan SMK saat ini mulai bergerak mempersiapkan para lulusan dengan pembekalan karakter kewirausahaan (entrepreneurship). Penerapan Teaching Factory di SMK merupakan wujud dari salah satu upaya Direktorat Pembinaan SMK untuk lebih mempererat kerjasama atau sinergi antara SMK dengan industri.

Teaching Factory bertujuan untuk menumbuh-kembangkan karakter dan etos kerja (disiplin, tanggung jawab, jujur, kerjasama, kepemimpinan, dan lain-lain) yang dibutuhkan DU/DI serta meningkatkan kualitas hasil pembelajaran dari sekedar membekali kompetensi (competency based training) menuju ke pembelajaran yang membekali kemampuan memproduksi barang/jasa (production based training). Penerapan pola pembelajaran Teaching Factory merupakan interface dunia pendidikan kejuruan dengan dunia industri, sehingga terjadi check and balance terhadap proses pendidikan pada SMK untuk menjaga dan memelihara keselarasan dengan kebutuhan pasar kerja.

SMK Penerbangan Cakra Nusantara sudah menerapkan Teaching Factory sejak awal berdirinya sekolah pada tahun 2014. Sampai saat ini SMK Penerbangan Cakra Nusantara sudah terakreditasi A (Unggul) dengan nomor : 761/BANP-SM/LL/XII/2018. Dalam Teaching Factory yang di lakukan kurang lebih selama 2 minggu, ada beberapa narasumber yg di undang untuk mengisi acara terebut salah satunya adalah dari Tim Badan Sar Nasional (BASARNAS) Provinsi Bali. Tim Basarnas memberikan kegiatan ; pelatihan Survival Life Skill. Pelatihan tersebut dilakukan bertujuan untuk melatih ketrampilan dan pertahanan diri untuk taruna taruni SMK Penerbangan Cakra Nusantara. Di dalam pelatihan tersebut sebelum melakukan Simulasi, taruna taruni di berikan materi seperti ; tugas dan fungsi Badan SAR, Medical First Responder, dan masih banyak materi lainnya oleh Tim BASARNAS.

Dengan keseluruhan materi yang didapat dalam Teaching Factory ini menjadikan lulusan SMK Penerbangan Cakra Nusantara mempunyai keunggulan kompetitif dan komparatif. Dengan mengutamakan praktek, taruna-taruni kami siap untuk menjadi tenaga kerja unggul tangguh dan mandiri di bidang penerbangan kebandaraan dan kedirgantaraan sesuai dengan kurikulum Nasional 2018 yakni 70 % praktek dan 30 % teori. SMK Penerbangan Cakra Nusantara terletak di Jalan Drupadi No 25, Renon dan Jalan Tukad Pakerisan No 25, Panjer) dengan nomer telp 03614742600/081237098090 atau bisa mengunjungi website kami di www.smkpenerbangan.sch.id