Mengapa SMK adalah Pilihan Ideal?

Ada banyak banget alasan mengapa anda sebaiknya memang memilih SMK sebagai pendidikan lanjutan setelah meninggalkan bangku SMP/MTs. Beberapa alasan tersebut misalnya adalah sebagai berikut:

  1. Memanfaatkan momentum bonus demografi. Saat ini Indonesia memasuki fase awal bonus demografi, yang artinya persaingan untuk mendapatkan lapangan pekerjaan semakin kompetitif karena banyaknya jumlah penduduk usia produktif. Lulusan SMK dengan kompetensi keterampilan teknik tertentu adalah prioritas dalam masa bonus demografi.
  2. Bisa lanjut kuliah. Siapa bilang lulusan SMK tidak bisa melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi? Bisa, bisa banget! Apalagi Sekolah Tinggi Kedinasan justru lebih banyak memprioritaskan lulusan SMK. Karena itu kesempatan emas buat kamu untuk masuk kuliah impian.
  3. Bisa kerja sambil kuliah. Dengan kualifikasi dan modal keterampilan yang anda peroleh di SMK, akan lebih mudah untuk keterima bekerja sesuai tempat yang kamu inginkan. Dan bisa melakukannya sambil tetap melanjutkan pendidikan di bangku kuliah.
  4. Dapat uang saat praktik. Jika hasil pekerjaanmu saat praktik bagus, anda akan mendapatkan bayaran. Bahkan yang lebih sering terjadi, anda juga akan langsung direkrut setelah lulus dari sekolah.
  5. Nggak banyak teori, praktik lebih utama. Buat yang nggak terlalu suka dengan teori panjang lebar saat belajar, SMK adalah tempat ideal buat anda. Di SMK akan lebih banyak praktik daripada teori. Umumnya porsi praktik adalah 70% dan teorinya hanya 30%.
  6. Dinilai lebih dewasa. Ini bukan gaya-gayaan, tapi lulusan SMK umumnya dipandang lebih dewasa karena pengalaman dan keterampilan mereka. Praktik langsung di dunia kerja membangun perspektif umum bahwa lulusan SMK adalah pribadi yang sudah dewasa karena pengalaman dan keterampilan mereka.
  7. Jadi pengusaha setelah lulus. Dengan bekal keterampilan dan keahlian vokasi yang sudah di miliki, membuka usaha setelah lulus adalah hal menarik. Itu juga adalah langkah awal yang bias anda lakukan untuk menjadi seorang pengusaha sukses.
Translate »
× WhatApp