Implementasi Dalil Prosser Bersama Direktur SMK Kemendikbud RI


Saat ini dimensi dan karakteristik yang harus dimiliki dalam Pendidikan Milenial adalah Dimensi Pembelajaran (tempat dan waktu bukanlah sebuah batasan), Dimensi Profesi (profesi lama sudah dianggap tidak relevan sehingga perlu dipersiapkan profesi baru), Dimensi Literasi Baru (mulai dari literasi data dan ICT, literasi teknologi hingga literasi manusia dan budaya), Dimensi Kecakapan (Softskill Milenium Leadership & Entrepreneurship) dan Dimensi Karakter (Integritas, Nasionalisme, dan Peka terhadap lingkungan). Sehingga dalam pendidikan milenial 4.0 ini diperlukan strategi baru terhadap kurikulum yang berlaku.

Menurut Dr. Charles Allen Prosser (1871-1952) sering dianggap sebagai bapak pendidikan kejuruan, karakteristik pendidikan Vokasi diantaranya memiliki prinsip Pendidikan kejuruan akan efisien jika lingkungan di mana siswa dilatih merupakan replika lingkungan di mana nanti ia akan bekerja; Pendidikan kejuruan akan efektif hanya dapat diberikan di mana tugas-tugas latihan dilakukan dengan cara, alat, dan mesin yang sama seperti yang diterapkan di tempat kerja; Pendidikan kejuruan akan efektif jika dia melatih seseorang dalam kebiasaan berpikir dan bekerja seperti yang diperlukan dalam pekerjaan itu sendiri.

SMK Pusat Keunggulan Penerbangan Cakra Nusantara mendapatkan kesempatan yang luar biasa dapat berinteraksi secara online dengan Bapak Dr. Drs. Wardani Sugiyanto, Direktur SMK Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Tenologi Republik Indonesia dan banyak membahas tentang Impelentasi Dalil Prosser pada sekolah Kejuruan atau Vokasi.

Menurut Direktur SMK Kemendikbud RI, “SMK Penerbangan Cakra Nusantara telah mengimplementasikan jiwa karakteristik sekolah vokasi yang sesungguhnya, melihat fasilitas yang disediakan hingga program PPL/PKL/Magang yang langsung terjun di IDUKA. Sangat bagus sekali, sekolah telah menerapkan Link and Super Match dengan Industri Dunia Kerja” tungkasnya.

Sebagai Sekolah pelopor pertama satu satunya SMK Pusat Keunggulan Penerbangan di Indonesia Tengah dan Timur, sesuai SK Dirjend Vokasi NO.22/D/O/2021, SMK Pusat Keunggulan Penerbangan Cakra Nusantara Sekolah Penggerak mengikuti kegiatan Sosial Media Marketing SMK Pusat Keunggulan Tahun 2021.

SMK Pusat Keunggulan Penerbangan Cakra Nusantara Sekolah Penggerak saat ini telah memiliki seluruh media sosial diantaranya Instagam @smkpenerbanganbali dan facebook SMK Penerbangan CAKRA Nusantara Bali; channel youtube SMK Penerbangan Cakra Nusantara – Pusat Keunggulan yang telah memiliki lebih dari 10.000 Subscribers dan 1,2 juta viewers. Dari berbagai sosial media tersebut juga telah dibagikan berbagai informasi tentang fasilitas sekolah dan kelebihan yang sekolah miliki.

Tahun 2021, telah menerapkan Cambridge University Press & Assessment Education serta Kurikulum Merdeka Vokasi sinkron dengan SKKNI dan SKK Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) serta Industri dan Dunia Kerja (IDUKA) mulai Tahun Ajaran 2021/2022 untuk memudahkan siswa berproses menjadi terampil dan Bisa Hebat. Mata pelajaran bersifat vokasional, misalnya matematika terapan dan Bahasa Indonesia terapan berbasis Project Based Learning, sehingga siswa lebih mudah dalam memahami, dan ide kreatif kewirausahaan selama 3 semester menjadikan bekal tambahan untuk siswa ketika sudah lulus.

Berbagai fasilitas terbaru selain Simulator Pesawat Cesna 172, Simulator Air Traffic Controller (ATC), simulator pesawat Boeing 737 800 New Generation dan Airbus, Mobil Tv dan Radio Streaming SCTA TV -Podcast Mobile, Vsat Parabola dan Paket Optical Fiber Splicer Fusion, laboratorium Virtual Digital OfficeElectrical Sircuit System Trainer, AC Landing Gear Retraction Trainer, siDilan (sistem informasi data administrasi dan keuangan) juga telah hadir alat peraga berupa Pesawat Cesna 172, Pesawat Cassa 212 dan Pesawat Fokker.

SMK Penerbangan Cakra Nusantara – SMK Pusat Keunggulan – Sekolah Penggerak 2021 Terakreditasi A (Unggul) saat ini membuka Penerimaan Perserta Didik Baru 2022/2023 yang dapat dihubungi pada nomor pendaftaran 03614742600 atau 081237098090 website www.smkpenerbangan.sch.id. Ayo BANGKIT dari keterpurukan bersama SMK PENERBANGAN CAKRA NUSANTARA SMK PUSAT KEUNGGULAN ( CENTER OF EXCELLENCE ) SEKOLAH PENGGERAK 2021.

SMK Penerbangan Cakra Nusantara terletak di Jalan Tukad Pakerisan No 25 Denpasar dengan: PENDAFTARAN ONLINE Whatsapp 081 237 098 090 www.smkpenerbangan.sch.id.