APA YANG DIMAKSUD DENGAN
 PROGRAM SMK PUSAT KEUNGGULAN?

SMK Pusat Keunggulan (SMK PK) merupakan program pengembangan SMK dengan kompetensi keahlian tertentu dalam peningkatkan kualitas dan kinerja, yang diperkuat melalui kemitraan dan penyelarasan dengan dunia usaha, dunia industri, dunia kerja, yang akhirnya menjadi SMK rujukan yang dapat berfungsi sebagai sekolah penggerak dan pusat peningkatan kualitas dan kinerja SMK Lainnya.

SMK Pusat Keunggulan (SMK PK) adalah SMK yang mampu menghasilkan lulusan yang kompeten pada kompetensi keahlian tertentu dan terserap di dunia usaha, dunia industri, dan dunia kerja serta dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi, melalui program penyelarasan pendidikan vokasi secara sistematik dan menyeluruh dengan dunia usaha, dunia industri, dan dunia kerja serta berfungsi sebagai pusat keunggulan, peningkatan kualitas dan rujukan bagi SMK lainnya.

APA TUJUAN
PROGRAM SMK PUSAT KEUNGGULAN?

Secara umum, Program SMK Pusat Keunggulan bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang terserap di dunia kerja atau menjadi wirausaha melalui keselarasan pendidikan vokasi yang mendalam dan menyeluruh dengan dunia kerja serta diharapkan menjadi pusat peningkatan kualitas dan rujukan bagi SMK lainnya

Secara khusus, Program SMK Pusat Keunggulan bertujuan untuk:

  1. Memperkuat kemitraan antara kemendikbud dan pemerintah daerah dalam pendampingan Program SMK Pusat Keunggulan
  2. Memperkuat kualitas sumber daya manusia SMK, antara lain kepala sekolah, pengawas sekolah, dan guru untuk mewujudkan manajemen dan pembelajaran berbasis dunia kerja.
  3. Memperkuat kompetensi softskill dan hardskill peserta didik yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja, serta mengembangkan karakter yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
  4. Mewujudkan perencanaan yang berbasis data melalui manajemen berbasis sekolah.
  5. Meningkatkan efisiensi dan mengurangi kompleksitas pada sekolah dengan menggunakan platform digital.
  6. Peningkatan sarana dan prasarana praktik belajar siswa yang berstandar dunia kerja.
  7. Memperkuat kemitraan dan kerja sama antara Kemendikbud dengan dunia kerja dalam pengembangan dan pendampingan SMK Pusat Keunggulan.

APA MANFAAT
 PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK?

  1. Peningkatan hasil mutu pendidikan dalam kurun waktu 3 tahun ajaran
  2. Percepatan digitalisasi sekolah
  3. Percepatan pencapaian profil pelajar Pancasila
  4. Meningkatnya kompetensi kepala sekolah dan guru
  5. Kesempatan untuk menjadi katalis perubahan bagi satuan pendidikan lain
  6. Mendapatkan pendampingan intensif untuk transformasi satuan pendidikan
  7. Memperoleh tambahan anggaran untuk pembelian buku bagi pembelajaran paradigma baru

SMK PENERBANGAN CAKRA NUSANTARA ADALAH
SMK PUSAT KEUNGGULAN

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) meluncurkan program Merdeka Belajar ke-8: SMK Pusat Keunggulan untuk menjadi penggerak bagi sekolah lainnya agar meningkatkan kualitas dan kinerja sehingga mampu mencapai standar dunia kerja. Dengan begitu, jumlah lulusan SMK yang memperoleh pekerjaan dan berwirausaha dalam satu tahun setelah kelulusan akan mengalami peningkatan. Sekolah yang terpilih dalam program SMK Pusat Keunggulan diharapkan menjadi rujukan serta melakukan pengimbasan untuk mendorong peningkatan kualitas dan kinerja SMK di sekitarnya.

SMK Penerbangan Cakra Nusantara setelah melalui tahapan seleksi dengan ketat dan transparan terpilih menjadi SMK Pusat Keunggulan sesuai SK Dirjend Pendidikan Vokasi No 22/D/O/2021, yang mana mampu mengembangkan pendidikan kejuruan yang relevan dengan tuntutan kebutuhan masyarakat yang senantiasa berubah sesuai dengan perkembangan dunia usaha/industri dan menjadi pendukung kearifan/keunggulan lokal pada sektor pembangunan ekonomi tertentu atau mendukung kebijakan pemerintah dengan kekhususan lainnya, serta mampu mendukung proses pembelajaran secara teratur dan berkelanjutan.

Program SMK Pusat Keunggulan mengusung semangat “Merdeka Belajar” berfokus pada penguatan kompetensi guru dan tenaga kependidikan, serta mendekatkan sektor pendidikan dengan dunia kerja profesional. Program SMK Pusat Keunggulan memberikan jalan untuk dapat memerdekakan potensi guru, kepala sekolah, dan siswa, serta menciptakan ekosistem berkebinekaan yang berstandar global.

Merujuk catatan Dapodik, terdapat 190.842 perusahan/lembaga/instansi yang menjadi mitra SMK dengan 272.788 jalinan kerja sama antara SMK dan DUDI. Kerja sama tersebut terdiri dari 87 bidang usaha mitra industri SMK.

Saat ini SMK Penerbangan Cakra Nusantara dipimpin oleh Kepala Sekolah, Indra Gita Saragih, sosok kompeten dan telah lulus program CEO Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan Sert. No. 1/3/06.03.04.1/1/2652/12/2020. Lulus dengan “Sangat Memuaskan” pada Program Diklat Penguatan Kepala Sekolah No. Reg: Nomor Register : 21023L0012260241223194. Merupakan Asessor BNSP dengan No MET : 000 016524 2019, Sertifikat Kompetensi BNSP No : 93000 2419 0103439 2019.

Tahun 2021 merupakan tahun ke enam sekolah berdiri dan menjadi SMK Pusat Keunggulan yang mana tentunya SMK Penerbangan Cakra Nusantara memiliki kualitas pendidikan teori maupun praktek serta fasilitas terlengkap yang berkualitas dan mumpuni.
SMK Penerbangan Cakra Nusantara merupakan sekolah vokasi yang telah terakreditasi A serta memiliki Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) berlisensi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) Republik Indonesia No. KEP.0078/BNSP/I/2020. Dimana menghasilkan alumni dengan kompetensi keahlian yang bersertifikasi BNSP.

Seluruh alumni yang telah lulus, tidak hanya diterima bekerja di berbagai maskapai dan maintenance pesawat tetapi juga melanjutkan di berbagai sekolah tinggi Penerbangan baik Negeri dan Swasta di Indonesia keterbukaan data alumni tersebut dapat diakses pada website www.bursakerjapenerbangan.com.

Terbukti tahun pelajaran 2018/2019 SMK Penerbangan Cakra Nusantara menduduki peringkat ke 4 terbaik SMK se-Bali dengan 97% Nilai UNBK diatas Rerata Provinsi Bali, yang meningkat dari tahun sebelumnya yakni peringkat ke 6 SMK se-Bali dengan 84% Nilai UNBK diatas Rerata Provinsi Bali.

Memiliki fasilitas belajar lengkap seperti Simulator Boeing 737-800 NG-K, Mobil Simulator Pesawat Cesna 172, mobil tv dan radio streaming ruang belajar 3D iMax, Multibahasa, IT Teaching Room, Mini Hanggar, Electrical Circuit System Trainer, AC Landng Gear Retraction, Virtual Digital Office, Trainer Visual Realisation (VR), Vsat Parabola dan Paket Optical Fiber Splicer Fusion serta masih banyak lagi.

Seluruh taruna taruni SMK Penerbangan Cakra Nusantara diberikan karakter sikap unggul, tangguh, mandiri dimanapun mereka berada, penguasaan Bahasa asing serta pembelajaran dengan menggunakan Kurikulum Merdeka dengan fleksibilitas tinggi, dalam proses program fastrack D1 dengan BBC, D2 dengan Diploma dan S1 terapan dengan sekolah tinggi/Universitas.

SMK Penerbangan Cakra Nusantara memprioritaskan upaya penyaluran lulusannya untuk berkiprah di dunia Internasional yang mana telah melaksanakan Program Internasional diantaranya Beasiswa Pendidikan di Cheynair Pilot School Philipina, Singapore Airshow dan Pengkayaan Kompetensi di Malaysia Airport Training Center. Kini telah diagendakan pertukaran pelajar dan edutour Ke Taiwan, Vietnam, Singapore, Malaysia, Jerman, Perancis, Cina dengan sekolah diluar negeri.

SMK Pusat Keunggulan Penerbangan Cakra Nusantara Sekolah Penggerak berproses untuk menerapkan kurikulum Cambridge English sebagai salah satu upaya peningkatan mutu pembelajaran di SMK Pusat Keunggulan Penerbangan Cakra Nusantara. Kerjasama ini ditempuh untuk menunjang pembelajaran mata pelajaran Bahasa Inggris dan Matematika di SMK Pusat Keunggulan Penerbangan Cakra Nusantara Sekolah Penggerak. Dalam pelaksanaanya, SMK Pusat Keunggulan Penerbangan Cakra Nusantara Sekolah Penggerak mengadakan kerjasama dengan lembaga pendidikan asing yaitu Cambridge dengan melihat beberapa pertimbangan:

a. Kurikulum Cambridge menggunakan pendekatan active learning, higher order thinking skills dan critical thinking
b. Nilai ujian Cambridge diakui dan dapat ditransfer di banyak universitas di dunia Karena menggunakan kurikulum Cambridge, maka bahasa pengantar yang digunakan adalah bahasa Inggris.

Jika melihat dari karakteristik peserta didik SMK Pusat Keunggulan Penerbangan Cakra Nusantara yang masih mementingkan identitas budaya sebagai bangsa Indonesia serta latar belakang keinginan orang tua untuk menyekolahkan para putra putri dengan pertimbangan sekolah yang menggunakan kurikulum internasional namun masih memiliki identitas budaya sebagai karakter bangsa Indonesia. Oleh karena itu, meskipun SMK Pusat Keunggulan Penerbangan Cakra Nusantara Sekolah Penggerak menggunakan Kurikulum Cambridge, SMK Pusat Keunggulan Penerbangan Cakra Nusantara Sekolah Penggerak mengintegrasikan Pendidikan karakter dan Profil Pelajar Pancasila ke dalam semua aspek kegiatan dan pembelajaran.