Sambutan Kepala SMK Penerbangan Cakra Nusantara

Om Swastiyastu,

Assalamualaikum Wr Wb,

Syalom,

Namo Budaya,

Salam Kebajikan,

Inovasi dan efisiensi menjadi kata kunci yang membuat SMK Pusat Keunggulan Penerbangan Cakra Nusantara Sekolah  Penggerak dapat melalui tahun yang penuh tantangan. Sepanjang tahun 2020, pandemi COVID-19 telah mempengaruhi kondisi perekonomian secara global. Di tengah berbagai tantangan yang dihadapi di tahun 2020.

Pada periode 2022-2023 ini SMK Pusat Keunggulan Cakra Nusantara Sekolah Penggerak akan fokus pada dua hal besar, yaitu melanjutkan Transformasi Organisasi serta mengakselerasi Transformasi Akademik. Transformasi Organisasi berorientasi mempercepat terbentuknya budaya, organisasi dan manusia yang kompeten dan kompetitif agar relevan dengan tuntutan zaman yang terus berubah. Transformasi Akademik bertujuan melakukan inovasi dalam isi kurikulum beserta cara pembelajarannya, salah satunya melalui pemanfaatan teknologi. Inovasi kurikulum dilakukan agar pembelajaran di SMK Pusat Keunggulan Penerbangan Cakra Nusantara Sekolah Penggerak tetap Relevan, Bermutu serta memiliki warna yang khas, berkarakter sehingga Berdampak bagi masyarakat.

Inovasi dan efisiensi menjadi kata kunci yang membuat  SMK Pusat Keunggulan Penerbangan Cakra Nusantara Sekolah  Penggerak dapat melalui tahun yang penuh tantangan. Sepanjang tahun 2020, pandemi COVID-19 telah mempengaruhi kondisi perekonomian secara global. Di tengah berbagai tantangan yang dihadapi di tahun 2020.

Perkembangan teknologi informasi saat ini membawa pengaruh besar bagi perkembangan dunia. Teknologi Informasi Web dan Media Sosial serta Media Online khususnya, menjadi sarana bagi SMK Pusat Keunggulan Penerbangan Cakra Nusantara Sekolah Penggerak untuk memberi pelayanan informasi secara cepat, jelas, dan akuntable.

Era globalisasi dengan segala implikasinya menjadi salah satu pemicu cepatnya perubahan yang terjadi pada berbagai aspek kehidupan masyarakat. SMK Pusat Keunggulan Penerbangan Cakra Nusantara Sekolah Pengerak sebagai Lembaga Pendidikan Yang Ter-Akreditasi A mempunyai tanggung jawab yang besar, terutama dalam menyiapkan Sumber Daya Manusia yang tangguh sehingga mampu hidup selaras didalam perubahan itu, hal ini selaras dengan yang dicanangkan oleh Presiden Republik Indonesia yang fokus dan mengutamakan pada pembangunan Sumber Daya Manusia menuju Generasi Indonesia Emas 2045.

Untuk itu, SMK Pusat Keunggulan Penerbangan Cakra Nusantara Sekolah Penggerak menerapkan pendidikan karakter, sikap serta update proses dan sistem pembelajaran yang akan disesuaikan dengan kebutuhan kompetensi Abad-21. Melalui program di kelas dan belajar di luar kelas yang bekerja sama dengan dunia usaha dan dunia industri, kami berharap taruna/taruni terinspirasi untuk menjadi SDM yang tangguh, bertanggung jawab, berperan aktif dan mencapai kesuksesan di dunia penerbangan, kedirgantaraan, dan kebandaraan serta industri yang relevan

SMK Pusat Keunggulan Penerbangan Cakra Nusantara Sekolah Penggerak akan mencetak generasi muda unggul, tangguh, mandiri dan berdaya saing dengan menerapkan program merdeka belajar yang digagas oleh Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia. SMK Pusat Keunggulan Penerbangan Cakra Nusantara Sekolah Penggerak menciptakan suasana belajar yang membahagiakan, tenaga pendidik dan taruna/i punya kebebasan, kebebasan untuk berinovasi, kebebasan untuk belajar dengan mandiri dan kreatif.

SMK Pusat Keunggulan Penerbangan Cakra Nusantara Sekolah Penggerak selalu menerima siswa dengan berbagai latar belakang yang berbeda baik dari segi pengetahuan, keterampilan dan juga ekonomi. Bagi kami di SMK Penerbangan Cakra Nusantara, tidak ada anak yang bodoh melainkan setiap anak adalah juara. Oleh karena itu SMK Pusat Keunggulan Penerbangan Cakra Nusantara Sekolah Penggerak akan membantu taruna-taruni untuk menemukan kunci serta membuka gerbang kesuksesan mereka. Untuk itu, telah disiapkan program-program yang akan menunjang kesuksesan setiap taruna-taruni dengan memberikan berbagai beasiswa diantaranya Gratis SPP , Gratis Uang Gedung, Gratis Uang Pangkal, Buku, UTS dan UAS, Build Better Communication yaitu beasiswa pendidikan 3 bahasa asing, subsidi beasiswa kampung pare. Setiap anak akan mendapatkan pendidikan bahasa Inggris, bahasa Jerman, dan Bahasa Prancis. Diharapkan dengan program ini akan membantu membuka gerbang kesuksesan mereka setelah selesai melaksanakan pendidikan di SMK Pusat Keunggulan Penerbangan Cakra Nusantara Sekolah Penggerak.

Semoga Tuhan memberkati segala upaya dan rencana SMK Pusat Keunggulan Penerbangan Cakra Nusantara Sekolah Penggerak untuk dapat menghasilkan Sumber Daya Manusia Berkompeten di Bidang Penerbangan, Kedirgantaraan dan Kebandaraan.

Terimakasih kami sampaikan kepada semua pihak dan stake holder yang telah membantu dan bersama-sama memajukan SMK Pusat Keunggulan Penerbangan Cakra Nusantara Sekolah Penggerak

SMK BISA, SMK HEBAT, VOKASI MAJU MEMAJUKAN INDONESIA,VOKASI INDONESIA UNTUK INDUSTRI DUNIA

OM Santhi Santhi Shanthi Om

Wassalamualaikum Wr Wb

Kepala SMK Pusat Keunggulan Penerbangan Cakra Nusantara Sekolah Penggerak

Kepala SMK Penerbangan Cakra Nusantara
KADEK SANTYASA

ASESSOR BNSP RI NO MET.000.016527