Kelas Inklusi


SMK Penerbangan Cakra Nusantara telah membuka kelas Khusus dengan pendidikan Inklusif yang memberikan kesempatan bagi siswa biasa dan siswa berkebutuhan khusus (Anak Berkebutuhan Khusus/Difabel) untuk mengikuti proses pembelajaran dalam satu lingkungan yang sama pada jurusan Otomatisasi dan Tatakelola Perkantoran (OTKP). Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) yang dapat mengikuti kelas inklusi yakni ABK Alumni SLB-D kelas XI yang tidak mengalami disabilitas intelektual.

ABK juga memiliki potensi serta kecerdasan yang patut dikembangkan, hidup berbaur dengan masyarakat, mandiri serta menyatukan anak dengan kehidupan nyata dengan layanan yang sesuai dengan kebutuhannya.

SMK Penerbangan Cakra Nusantara juga memberikan bimbingan konseling khusus sebagai implementasi high quality teaching mendorong ABK menjadi "mampu latih" dan "mampu kerja", serta mendekatkan ABK dengan DUDI sehingga memperluas peluang dan kesempatan kerja.

Syarat kelengkapan untuk dapat mengikuti kelas inklusi ini adalah:

  1. Keterangan mampu melakukan baca tulis dengan benar dari SMPLB
  2. Keterangan sehat dari dokter

Pendidikan Inklusif dan Manfaatnya Bagi Siswa Difabel

Keberadaan Sekolah Luar Biasa (SLB) untuk memenuhi kebutuhan pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) memang sudah tak asing lagi. Namun, konsep baru berupa sekolah inklusi yang menggabungkan proses pembelajaran anak-anak normal dan ABK kini semakin populer, seperti yang telah dibuka di SMK Penerbangan Cakra Nusantara. Implementasi pendidikan inklusif diyakini bermanfaat bagi siswa reguler maupun siswa difabel.

Apa yang Dimaksud dengan Pendidikan Inklusif?

Pendidikan inklusif dapat didefinisikan sebagai sistem penyelenggaraan pendidikan yang memberikan kesempatan bagi siswa normal maupun siswa difabel untuk mengikuti proses pembelajaran dalam satu lingkungan yang sama. Sistem tersebut memungkinkan siswa difabel yang tidak mengalami disabilitas intelektual untuk tumbuh dan berkembang di lingkungan sekolah reguler, bukan SLB.

Kecenderungan inklusivitas ini diharapkan mampu mengatasi kesenjangan pendidikan bagi siswa difabel karena anak-anak berkebutuhan khusus juga memiliki potensi serta kecerdasan yang patut dikembangkan.

Beragam Manfaat Pendidikan Inklusi Bagi Siswa Difabel

Siswa difabel bisa memperoleh beberapa manfaat berikut ini bila menempuh pendidikan dengan sistem inklusif di SMK Penerbangan Cakra Nusantara:

  1. Kelas Inklusi diselenggarakan oleh SMK Penerbangan Cakra Nusantara Terakreditasi A, Pengelola Bersertifikasi Asessor Badan Nasional Sertifikasi Profesi sehingga kompetensinya terjaga dan update
  2. Berpengalaman menghasilkan alumni dengan 84% nilai UN angkatan pertama dan 97% nilai UN angkatan kedua diatas rata rata nilai UN Provinsi Bali
  3. Hidup berbaur dengan masyarakat, mandiri serta menyatukan anak dengan kehidupan nyata dengan layanan yang sesuai dengan kebutuhannya.
  4. Mendapat layanan bimbingan konseling khusus sebagai implementasi high quality teaching.
  5. Mendorong ABK menjadi "mampu latih" dan "mampu kerja"
  6. Serta mendekatkan ABK dengan DUDI sehingga memperluas peluang dan kesempatan kerja.
  7. Perkembangan intelektual siswa difabel dapat berlangsung secara maksimal bila menerima materi pelajaran sesuai dengan usia dan kapasitas pola pikirnya.
  8. Kemampuan sosialisasi siswa difabel dapat meningkat secara signifikan. Kemampuan sosialisasi tersebut membuat siswa difabel mampu menyikapi diskriminasi dan bullying dengan cara yang tepat.
  9. Para siswa difabel juga berkesempatan mempelajari cara merawat diri sendiri bila terbiasa menjalani keseharian dengan siswa-siswa normal.
  10. Tumbuh kembang alat indra serta anggota tubuh lainnya yang tidak mengalami cacat dapat berlangsung maksimal karena mendapatkan stimulasi setiap hari selama siswa difabel menjalani KBM.
  11. Motivasi pribadi siswa-siswa difabel untuk hidup mandiri dan menggapai cita-cita akan semakin besar.
  12. Siswa difabel akan merasa lebih siap menghadapi realita dunia kerja karena tidak mendapatkan perlakuan khusus sejak menempuh pendidikan.
Kesuksesan penyelenggaraan sistem pendidikan inklusif turut mendukung peningkatan kualitas pendidikan di tanah air secara keseluruhan. Inklusivitas juga dapat menumbuhkan sikap toleransi dan saling menghargai dalam diri siswa-siswa normal karena siswa difabel juga memiliki hak hidup dan hak pendidikan yang sama.

Hubungi kami untuk bantuan teknis